“PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH BUKA AWAL PERKULIAHAN DENGAN KULIAH UMUM”

“PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH BUKA AWAL PERKULIAHAN DENGAN KULIAH UMUM”

Dalam rangka membuka proses perkuliahan semester ganjil Prodi Ekonomi Syariah UNWAHA mengadakan Kuliah Umum dengan Tema “Peran G20 Dalam Upaya Meningkatkan Enterpreneur Mahasiswa”. Hal ini dilatar belakangi oleh negara Indonesia yang menjadi tuan rumah acara Presidensi Group of Twenty (G20). Dimana G20 merupakan Forum Kerja Sama Multilateral yang terdiri dari 19 Negara Utama dan Uni Eropa (EU). Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Tema yang diangkat pada tahun ini juga merupakan cerminan perhatian kita terhadap pengoptimalisasian potensi mahasiswa dari segi Enterpreneur, sekaligus salah satu poin dari Prodi Ekonomi Syariah sendiri yaitu “Enterpreneur”. Melalui tema tersebut diharapkan dapat menjadi rekomendasi, dorongan, memotivasi, dan meningkatkan potensi “Enterpreneur” mahasiswa.

Sebagai bentuk dalam rangka mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi Indonesia dengan membeli potensi mahasiswa melalui “Enterpreneur”. Tujuan dari kegiatan Kuliah Umum adalah agar para peserta memiliki pemikiran kreatif, inovatif, terkait Peran G20 dan juga terkait Enterpreneur Mahasiswa. Kuliah Umum yang telah berlangsung diharapkan juga dapat menjadi lahan ide bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang mempersiapkan Tugas Akhir atau penelitian lain, sehingga semakin memotivasi mereka untuk belajar. Kegiatan inti yang disusun berbasis tatap muka dan diskusi dua arah antara narasumber dan peserta dengan tujuan agar terjalin komunikasi yang lebih mendalam. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu (21/09/2022) di Aula Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang dan ditayangkan secara langsung melalui akun Youtube UNWAHA JOMBANG. Peserta kegiatan terdiri dari seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dengan jumlah sekitar 150 orang.

Penyampaian materi oleh Bpk. Sukma Dwie Priardi selaku narasumber pertama

Narasumber pertama dalam kegiatan Kuliah Umum ini adalah Bapak Sukma Dwie Priardi Beliau adalah Area Manager Surabaya Raya PT Bank Syariah Indonesia Tbk, yang sangat mumpuni dalam bidang yang sesuai tema yang dibahas, yaitu tentang Kontribusi BSI dalam Mendukung Peran G20 Untuk Meningkatkan Enterpreneur Mahasiswa. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Bank BSI mempunyai 3 pilar utama dengan sebutan “Recover Together Recover Stronger “ yaitu (1) Promosi Produktivitas melalui Penguatan SDM, (2) Meningkatkan daya tahan perekonomian Indonesia yang semakin Tangguh dan berkelaanjutan, dan (3) Pertumbuhan yang berkelanjutan dan esklusif. Kemudian dalam hal UMKM dan entrepreneur bank BSI memiliki 3 Produk dan layanan yaitu BSI UMKM Center, Talenta Wirausaha BSI, dan Muslimpreneur BSI. Di akhir penyampaian bapak Sukma juga menyampaikan kesiapan Kerjasama dengan UNWAHA Jombang kepada Bapak WR III Kemahasiswaan.

Penyampaian materi oleh Bpk. Dzikrullah, S.E.I, M.E.I selaku narasumber kedua

Kemudian Narasumber yang kedua adalah Bapak Dzikrullah, S.E.I, M.E.I yang juga sangat mumpuni dibidangnya dengan membawakan tema “Menjadi Generasi yang Unggul dan Sukses Melalui Enterpreneur”. Beliau menyampaikan untuk menjadi pengusaha yang sukses, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuang keraguan dan merubah mindset kita. Mindset merupakan cara pandang yang sangat berpengaruh dengan Tindakan yang kita ambil. Ketika kita merubah mindset kita dan yang ada dalam pikiran kita adalah pikiran yang positif maka tentu kesuksesan yang akan menghampiri kita. Beliau juga memberikan beberapa Langkah yang harus kita lakukan supaya menjadi pengusaha sukses yaitu (1) Memulai dengan mimpi, yaitu merubah mindset kita, (2) Mencintai Aktivitas, dengan kerja keras dan kerja cerdas, (3) Mempelajari dan meningkatkan keterampilan, bisa dilakukan dengan mencari relasi sebanyak mungkin, (4) Mengatasi kegagalan, bersedia menerima resiko, (5) Mencari Nasihat, akan tetapi juga harus mengikuti kepercayaan kita.

Pelaksanaan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber

Setelah pemaparan materi oleh Narasumber berakhir, sesi selanjutnya adalah diskusi antara Narasumber dengan Peserta. Seluruh peserta dapat menanyakan tentang apapun yang terkait dengan materi dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara mendetail oleh Narasumber dengan dibantu oleh Shofiyul Fajar Muhammad (Mahasiswa Terbaik Ekonomi Syariah 2022 & Ketua HMP ES 2020-2022) selaku moderator. Pada kesempatan tersebut, terlihat bahwa baik para peserta dari Dosen ataupun Mahasiswa sangat antusias untuk melakukan diskusi dengan narasumber. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang diberikan oleh narasumber cukup memotivasi para peserta. Semoga Manfaat..

Panitia Pelaksana Kuliah Umum Prodi Ekonomi Syariah 2022

(Redaksi : Ashlihah, Majid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.