FAKULTAS AGAMA ISLAM

Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Informasi AkademikKemahasiswaan

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) FAI UNWAHA 2017/2018

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

FAKULTAS AGAMA ISLAM DAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASABULLAH

TAMBAKBERAS JOMBANG

TAHUN 2017

 

A. Kata Pengantar

Keberadaan Perguruan Tinggi di Indonesia diharapkan dapat membina mahasiswa agar menjadi ilmuan yang mampu menerapkan serta mengamalkan keahliannya di masyarakat menuju peningkatan taraf hidup dan tercapainya kesejahteraan rohani dan jasmani mereka. Pencapaian harapan tersebut perlu terus dilakukan melalui upaya pendidikan dalam arti luas dengan berpijak pada kaidah-kaidah moral agama dan etika keilmuan demi terwujudnya kepribadian bangsa yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan yang tinggi.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan kurikuler dengan bobot satuan kredit semester (4 sks). PPL dilaksanakan mahasiswa dalam bentuk praktek keguruan di lembaga pendidikan formal (sekolah / madrasah) yang mencakup latihan mengajar rnaupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing oleh guru pamong atau dosen pembimbing untuk meningkatkan kualitas pembentukan profesi keguruan. PPL dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

Mengelola pembelajaran di kelas merupakan salah satu pekerjaan guru profesional yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu untuk menjalankan profesi tersebut diperlukan penguasaan sejumlah kompetensi yang mendukung, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Sebagai wujud dari penguasaan kompetensi itu, setiap tindakan guru dalam mengelola pembelajaran merupakan tindakan pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan, profesi dan moral.

B. Tujuan Pelaksanaan PPL (Riel Clasroom Teaching)

Terbentuknya calon guru yang mampu melaksanakan praktek keguruan secara profesional.

  1. Terbentuknya calon guru yang mampu melakukan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dalam mengembangkan potensinya.
  2. Terbentuknya calon guru yang mampu menemukan permasalahan yang menghambat proses pembelajaran di kelas dan mengatasi permasalahan pembelajaran.
  3. Terbentuknya calon guru yang mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang baik dan mampu mengimplementasikannya.
  4. Terbentuknya calon guru yang memiliki kemampuan melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran.
  5. Untuk mendapatkan pengalaman pengelolaan sebuah lembaga pendidikan/madrasah.

      C. Peserta PPL Tahun Akademik 2017/2018

Peserta PPL adalah Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) Tambakberas Jombang yang duduk di semester VII (Tujuh), terdiri dari Mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan berbagai program studi, antara lain:

  1. Prodi Pendidikan Agama Islam
  2. Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  3. Prodi Matematika
  4. Prodi Biologi
  5. Prodi Bahasa Inggris
  6. Prodi Fisika

       D. Tempat Pelaksanaan PPL

            Peserta PPL Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tahun 2017 di sebar di beberapa Madrasah Aliyah di jombang yang sudah     mengadakan MoU sebelumnya dengan Kampus UNWAHA antara lain:

NO

KELOMPOK

TEMPAT PPL

JUMLAH PESERTA

1

Kelompok  I

MAN  Tambakberas

23 Peserta

2

Kelompok  II

MAN Jombang

20 Peserta

3

Kelompok  III

MA Mambaul ’Ulum

18 Peserta

4

Kelompok  IV

MAN 6 Jombang 

18 Peserta

5

Kelompok V

MA Unggulan KH. A. Wahab Hasbullah

18 Peserta

6

Kelompok VI

MAN 7 Jombang

18 Peserta

Posted By: faiunwaha/siw2017

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *